Jak Lingko : moda transportasi yang terintegrasi dalam satu jaringan

Jak Lingko : moda transportasi yang terintegrasi dalam satu jaringan

Jak Lingko : moda transportasi yang terintegrasi dalam satu jaringan

Kata : ‘Lingko’ berasal dari bahasa Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berarti sistem terintegrasi jejaring. Digunakan Anies karena dinilai lebih sesuai dengan maknanya. ‘Lingko’ sangat tepat digunakan sebagai cerminan integrasi transportasi di Jakarta.

Lingko merupakan sistem pembagian sawah yang merupakan tanah adat yang dimiliki secara komunal untuk memenuhi kebutuhan bersama masyarakat adat dan pembagiannya dilakukan oleh ketua adat. Polanya dengan menarik garis panjang dari titik tengah yang dalam bahasa Manggarai disebut : Lodok.

Baca juga:  Pak Prabowo, Kami Memilih Anda, Tapi.....

Lodok merupakan bagian yang kecil dan berada di bagian dalam (tengah). Filosofinya mengikuti bentuk sarang laba-laba dan keluarnya makin lama semakin berbentuk lebar. yang biasa disebut sebagai : Cicing.

Anies mengatakan ‘Lingko’ merupakan bahasa baru yang akan segera ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dia mengatakan pemilihan nama ‘lingko’ dilakukan berdasarkan riset. “Bahasa Indonesia ini memang sumbernya memang dari bahasa-bahasa daerah. Jadi bukan sesuatu yang aneh. Sesuatu yang normal,” tuturnya.

Mau tahu makna sesungguhnya dari #JakLingko? Tonton video berikut…

(Visited 62 times, 1 visits today)

Dee Sagita

leave a comment

Create Account



Log In Your Account