Jakarta Satu, apakah ini realisasi dari janji kampanye Bapak Anies dan Bapak Sandi?

Jakarta Satu, apakah ini realisasi dari janji kampanye Bapak Anies dan Bapak Sandi?

Diambil dari kanal : Youtube yang diunggah oleh akun : Pemprov DKI Jakarta

Program ‘Jakarta Satu’ diharapkan menjadi upaya Pemprov DKI dalam mencegah korupsi. Caranya adalah mengintegrasikan data dari seluruh SKPD di dalam peta dasar tata ruang.

Soft launching ‘Jakarta Satu’ telah dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2018 hari Rabu lalu bertempat di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat yang juga dihadiri oleh Ketua Komite Pencegahan Korupsi atau KPK DKI Bambang Widjojanto.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang hadir di acara peluncuran menilai program tersebut baik untuk menciptakan daya saing. Dalam sambutannya, Saut mengatakan pentingnya sebuah pemerintahan mengelola data. Tidak ada daerah yang dapat sejahtera jika tidak mengelola data dengan baik.

Baca juga:  Ust. Felix Siauw Soal Pembatalan Pengajian Belakangan ini: Kok Kamu Yakin Banget Ya Bahwa Kamu Itu yang Paling Benar?

Program “Jakarta Satu” dirancang oleh Gubernur DKI saat ini : Anies Baswedan dan Komite Pencegahan Korupsi DKI Jakarta. Konsepnya adalah pengintegrasian data yang diharapkan dapat menjadi database, sehingga bisa menjadi acuan Pemprov DKI Jakarta dalam menjalankan berbagai kebijakan.

Produk dari program ini adalah sebuah peta secara visual yang berisi berbagai informasi detail mengenai :
– Aset DKI
– Sumber penerimaan pajak di lingkungan DKI
– Pengerjaan proyek yang akan menjadi sumber pendapatan daerah.

Tujuan dari program “Jakarta Satu” : untuk mengontrol dan memantau proses penerimaan daerah dari pajak dan retribusi, sehingga diharapkan dapat mencegah korupsi di lingkungan Pemprov DKI.

Anies mengatakan, kendala terbesar dalam pengintegrasian data adalah keengganan para satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk membuka data yang ia miliki. Sehingga pada launching program tersebut, Anies menyampaikannya dalam kalimat tegas di hadapan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang hadir.

Baca juga:  Tulisan HRS Berjudul "Waspada Terhadap Adu Domba Antar Gerakan Islam" ini Telah Memperingatkan Kita

Saya akan integrasikan (data). Kalau Saudara bersedia, maka bagian dari Anies-Sandi. Kalau Saudara tidak bersedia, maka Anda mundur dari barisan

(Visited 126 times, 1 visits today)

Dee Sagita

leave a comment

Create Account



Log In Your Account