Jakarta [Seharusnya] Sudah Bebas Banjir!

Melenggang di dunia maya ternyata sungguh mengaggumkan. Ada hal-hal yang kita temukan dengan berbagai persepsi yang berbeda. Persepsi yang mungkin dilupakan, atau dihilangkan! Padahal dunia maya penuh dengan tapak-tapak yang jelas, yang ingatannya tidak akan mudah dihapus hanya dengan tombol delete.

Lembaran demi lembaran yang kita buka akan memiliki ruang yang berbeda, tinggal kearifan kita untuk menilai mana yang salah dan mana yang benar. Propaganda, spin dan hoax akan tetap memiliki ruang. Sejalan dengan kepentingan dan keberpihakan. Tetapi akal sehat tetap memiliki tempat, sejauh kita masih membuka ruang bagi persepsi lain seandainya kita membuka diri.

Jakarta (seharusnya) sudah bebas banjir! Benar-benar harus bebas banjir. Dan saya baru temukan kenyataan bahwa itulah yang seharusnya terjadi. Setidaknya ada 3 alasan mengapa Jakarta (seharusnya) sudah bebas banjir. Dan ruang digital ini memberikan buktinya;

Pertama: karena Mengatasi banjir “Kelihatannya nggak sulit-sulit amat”

Joko Widodo saat itu bakal calon yang akan diusung PDI Perjuangan pada pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Dengan keyakinan tinggi, Jokowi yang saat itu akan menjadi cagub mengatakan bahwa untuk mengatasi banjir harus ada kemauan untuk menggunakan anggaran pemprov DKI Jakarta mengatasi hal tersebut. Makanya dibutuhkan skill dalam manajemen anggaran. Dengan anggaran DKI yang besar, menurutnya masalah banjir harusnya rampung.

Kedua menurutnya, dalam pengerjaan mengatasi macet dan banjir tersebut tidak diboncengi oleh kepentingan lainnya. Bila dua hal di atas terpenuhi, dia yakin, persoalan macet dan banjir yang selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi warga Ibukota bisa teratasi.

Baca juga:  Soal Mobil Sandiaga Uno yang Jelas-jelas HOAX, Apakah Hukum Sedang Tiarap?

“Kelihatannya nggak sulit-sulit amat. Hahaha, menurut pengalaman yang saya punyai di sini,” tandasnya.

(Kutipan tersebut ada diberita berikut: rmol)

 

Kedua: Banjir akan mudah teratasi jika Jokowi menjadi Presiden. Dan syukurlah, ia Presiden Indonesia saat ini.

Sebuah cuitan Zara Zettira yang memberikan sebuah link berita tentang mudahnya mengatasi banjir jika Jokowi menjadi Presiden. Dan kedua sebuah Video dari @yusejahtera tentang hal yang sama.

Dalam berita yang kami ringkas dari Kompasdotcom yang berjudul “Jokowi: Macet dan Banjir Lebih Mudah Diatasi Jika jadi Presiden” tersebut disebutkan, dengan menjadi Presiden permasalahan kemacetan dan banjir di Jakarta akan mudah teratasi. Seorang presiden akan mudah mengatur dan memerintahkan kepala daerah di kawasan Jabodetabek untuk bekerja sama.

Akun @yusejahtera bahkan memberikan bukti sebuah Video dibawah ini. Dalam video ini Jokowi mengutarakan bahwa persoalan banjir di Jakarta tak bisa sepenuhnya diselesaikan oleh Gubernur. Hal ini disebabkan adanya campur tangan pemerintah daerah dan pusat di Jakarta. Menurutnya, 90% banjir merupakan kiriman dari atas sehingga penyelesaian banjir Jakarta harus berkoordinasi dengan Pemda-pemda sekitar. Disebutkan bahwa 13 sungai-sungai di Jakarta merupakan kewenganan pemerintah pusat.

 

Ketiga: Kemampuan Ahok Mengatasi Banjir yang sangat Luar Biasa

Kekaguman ini diungkapkan Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri sekaligus mantan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama dalam acara serah terima jabatan (sertijab) di Balai Kota. Sumarsono kagum dengan keberhasilan Ahok mengatasi banjir di Ibu Kota. (Baca: MetroTVNews).

Baca juga:  Sarinabati Kebumen Sejarah Besar yang Memang Sengaja Dibenamkan

Dalam berita itupun disebutkan Sumarsono, hujan beberapa pekan terakhir tak membuat Jakarta banjir melainkan hanya berupa genangan di sejumlah titik. Dua istilah banjir dan genangan dinilai berlainan makna.

Berita dari Seword.com bahkan mengklaim dengan kehebatan yang ada pada Ahok, Jakarta sudah bebas banjir. Sayangnya, kabar menggembirakan itu dihapus dari seword.com. Meski demikian kita masih bisa melihat jejak digital yang ditinggalkan.

Kesimpulannya, dengan kombinasi kedua mantan pemimpin Jakarta itu saja, Jakarta (seharusnya) sudah bebas banjir. Jadi jika sepeninggal Ahok – Djarot yang belum genap 2 bulan ini masih saja ada banjir di Jakarta, sebaiknya salahkan saja Anies…  😛

(Visited 163 times, 1 visits today)

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account