Menjelang munculnya Dajjal

Menjelang munculnya Dajjal

Menjelang munculnya Dajjal

(Bedah Pemikiran Mbah Hasyim Asy’ari)
Oleh : Luthfi Bashori

Dalam buku karya KH. Hasyim Asy’ari, Risalah Ahlis Sunnah wal Jamaah, beliau menukil hadits yang mengatakan, “Di hadapan Dajjal ada beberapa tahun yang penuh tipuan, di mana orang yang jujur dianggap bohong, orang yang bohong dianggap jujur, orang yang amanah dianggap khianat, orang yang khianat dianggap amanah, dan orang ruwaibidhah berbicara ketika ditanya.

“Siapakah orang ruwaibidhah itu?”

Nabi SAW menjawab: “Orang rendah (awam) yang berbicara tentang urusan publik (keumatan).” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Al-Bazzar dari Shahabat Anas bin Malik RA.

Tentu sangat mengkhawatikan dan mengerikan jika tahun penuh tipuan itu telah terjadi saat ini, karena seburuk-buruk orang itu jika dirinya mendapati terjadinya hari Qiamat, tentunya demikian pula orang-orang yang menjadi tanda-tanda penyebab datangnya hari Qiamat adalah termasuk dari seburuk-buruk golongan.

Baca juga:  Perang Bintang para Dalang

Pertanyaannya, apakah di jaman sekarang telah ada orang-orang yang suka berbohong dan menipu namun tetap dipercaya oleh masyarakat karena dianggap jujur?

Bagaimana jika mencermati kehidupan dunia politik, adakah janji-janji palsu yang dilontarkan oleh para politikus di saat berkampanye, namun begitu terpilih mereka mengikari janji-janjinya itu?

Tapi apakah ada masyarakat yang tetap percaya terhadap janji-janji tersebut hingga bersikeras mempertahankan sedemikian rupa para politikus yang terlanjur dipilihnya bahkan dijadikan idolanya, hanya karena menganggapnya jujur sekalipun telah berkali-kali menipu rakyat?

Apakah di kalangan masyarakat telah terjadi, para ulama dan tokoh yang figurnya itu aslinya jujur dan terpercaya, namun distigmakan sebagai pembohong dan penipu oleh sebagian kelompok, karena dianggap tidak sejalan dengan keinginan dan misi dari kelompok penuduh tersebut, mungkin karena dianggap kejujuran yang mereka sampaikan itu dapat mengganggu eksistensi dan kepentingan duniawi para pembully?

Baca juga:  Your turn, bro....

Apakah saat ini sudah bermunculan para pengkhianat yang hidup di tengah masyarakat sekalipun kerap mengkhianati umat, namun tetap dipercaya karena dianggap aman dalam memegang amanat, dan sebaliknya orang-orang yang sejatinya berkarakter selalu pegang amanat, ternyata dimusuhi dan dituduh berkhianat, hingga keberadaannya perlu ‘ditenggelamkan’ hingga dibumihanguskan?

Rasanya tanda-tanda kedatangan hari Qiamat sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW ini benar-benar telah terjadi, bahkan keberadaan orang-orang yang terindikasi menjadi penyebabnya itu, sudah banyak yang berada di sekeliling rumah tangga umat Islam.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Dee Sagita

leave a comment

Create Account



Log In Your Account