Jangan Nanggung

Oleh : Tere Liye

Kalian tahu ini benda apa? Pesawat alien? Benda berteknologi tinggi? Bukan.

Ini adalah salah-satu instalasi seni (patung, atau apalah istilanya) terkenal di muka bumi. Dibuat oleh pekerja seni Sir Anish Kapoor. Instalasi ini ada di Chicago. Namnya ‘Cloud Gate’, atau disebut juga ‘The Bean’.

Ukurannya 10 x 20 x 13 meter. Besar dan tinggi. Awalnya, diperkirakan biaya bikinnya 6 juta dollar, eh pas jadi, membengkak hingga 23 juta dollar. Alias 350 milyar rupiah. Muahal memang. Mana ada karya seni yang murah. Karya seni terbaik di dunia itu mahal2. Kagak ada uangnya, nggak usah bikin. Apalagi kalau cuma mau yang kualitas murahan. Duuh, ada harga, ada barang. Masa’ minta karya seni bagus, modal cuma sedikit.

The Bean ini terkenal sekali. Kalau kalian nggak tahu, bukan berarti jadi mengurangi fakta betapa terkenalnya instalasi seni ini. Dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya.

Apa untungnya pemkot Chicago dengan adanya instalasi ini? Banyak. Minimal biar alay2, emak2, bapak2, bisa foto2 di situ. Tapi seriusan, dalam level yang sangat mengagumkan, kalian tahu berapa harga sewa kalau mau bikin acara di sekitar instalasi ini? Toyota Motor di sana, pernah nyewa seharian, bayar Rp 1,2 milyar rupiah, juga perusahaan lain, segitu standar nyewanya.

Baca juga:  11 Alasan menghindari duduk terlalu banyak karena berpotensi melumpuhkan tubuh secara perlahan

Jadi cukup sewakan lokasi ini ke perusahaan utk acara mereka, dalam hitungan 300 hari impas biaya bikinnya. Masalahnya, itu jadi masalah baru. Penduduk kota tidak terima jika instalasi patung ditutup untuk acara perusahaan, kan mereka tidak bisa selfie, foto2. Tapi poinnya adalah: meski biaya bangunnya 350 milyar, instalasi seni ini jelas ada untungnya. Baik yang bisa diukur secara uang, maupun yang tidak: kebahagiaan alay2, emak2 bisa foto di sini, tentu tdk bisa dihitung secara materi.

Lantas apa sih poinnya catatan ini dibuat? Sederhana. Jika pemkot, pemda, pak kades, di Indonesia itu memang pengin bangun patung, instalasi seni di kampung2, di kota2, mbok ya niat dikit. Ayolah, kalian menghabiskan ratusan juta, milyaran rupiah hanya utk bikin patung2 lucu, instalasi seni yang begitu2 doang. Coba mbok ya visioner gitu.

Jangan anggap sepele, totalkan seluruh biaya bangun gapura, gerbang selamat datang, patung2, instalasi seni seluruh Indonesia, dalam setahun nilainya bisa ngeri, ratusan milyar. Hobi sekali kita itu bikin beginian. Nyaris tiap jengkal ada beginian. Tapi apa hasilnya? Nol.

Coba belajar dari Chicago ini. Mereka niat bikin instalasi seni yang bahkan kemudian dijadikan lokasi shooting film2 top dunia, kayak Transformer, Dhoom, dll, dll. Juga jadi lokasi shooting video klip penyanyi2 top, juga masuk dalam game, dll, dll. Ssst, kalian mau tahu berapa biaya ijin shooting di instalasi ini? Silahkan cari sendiri. Hari gini, jangan cuma nonton video di youtube doang. Mulailah nyari banyak pengetahuan di gadget kita itu.

Baca juga:  Pak Prabowo, Ayo fokus ke suara rakyat bukan ke suara para pejabat

Tuan, Nyonya, Pak Pejabat, Bu Pejabat, belajarlah dari kota2 top dunia saat membangun instalasi beginian. Jika situ memang sungguhan mau bikin gapura, gerbang, patung, instalasi seni, mulailah niat. Dan pastikan, situ sudah berhitung semuanya.

Biaya perawatan, biaya ini, biaya itu. Nah, jika tidak niat, cuma nanggung, mending batalkan saja. Lebih baik uang itu digunakan untuk anggaran pendidikan, kesehatan masyarakat. Karena boleh jadi, hari ini, kita memang belum terlalu butuh beginian.

*Tere Liye

**sebagai catatan tambahan: The Bean, dibangun 100% dari dana donasi, sumbangan perusahaan dll. Tidak ada uang APBD Chicago yg dipakai, juga bukan dana kompensasi, dll.
***foto dari website: Afar.com (Peter Kratochvill)

https://www.facebook.com/tereliyewriter/posts/2578668192183733?__tn__=K-R

(Visited 28 times, 1 visits today)

Dee Sagita

leave a comment

Create Account



Log In Your Account