Untuk pengolahan sampah, kami akan membangun Intermediate Treatment Facility (ITF). ITF dibangun di Jakarta agar efisien, jaraknya dekat, truk sampah ke Bantargebang berkurang.

Untuk pengolahan sampah, kami akan membangun Intermediate Treatment Facility (ITF). ITF dibangun di Jakarta agar efisien, jaraknya dekat, truk sampah ke Bantargebang berkurang.

View this post on Instagram

Dulu tempat pembuangan sampah, kamar mandi, wc di letakkan jauh dari rumah. Sebatas dibuang, ditimbun dan dijauhkan. Sama seperti rumah, cara pandang pengelolaan sampah juga harus berubah. Kita harus bertanggung jawab atas sampah kita sendiri, bukan sekadar “dibuang” jauh-jauh ke tempat yg tidak terlihat. Jakarta merupakan salah satu kota penghasil sampah yang paling produktif. Setiap hari kita mengirimkan 7.000 ton sampah ke TPST Bantargebang. Akhir tahun ini, sampah di sana menembus 80% kapasitas maksimumnya. Tumpukan sampah mencapai 30 meter, setinggi kaki Patung Pancoran. Diperkirakan tiga tahun lagi Bantargebang penuh dan tidak bisa menerima sampah dari Jakarta lagi. Masalah ini sudah kami identifikasi dua tahun lalu dan menjadi salah satu janji kerja ketika kampanye. Untuk pengolahan sampah, kami akan membangun Intermediate Treatment Facility (ITF). ITF dibangun di Jakarta agar efisien, jaraknya dekat, truk sampah ke Bantargebang berkurang. Alhamdulillah, hari ini janji tersebut mulai tunaikan dengan ground breaking ITF di Sunter. Dengan adanya ITF yang bisa mengolah 2.200 ton sampah per hari, maka ¼ beban sampah ke TPST Bantargebang berkurang. ITF ini menggunakan teknologi hijau terbarukan, ramah lingkungan, dan standar internasional. ITF sudah dimanfaatkan Finlandia, Singapura, Jepang, China, dll. Selain membangun ITF, Pemprov Jakarta tetap mengajak warga mengurangi sampah, memilah, memakai ulang, melalui berbagai cara. Misalnya 3R, Bank Sampah, TPST, komposting, dan sebagainya. #JKTBebasSampah

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Terima kasih Goodbener, pak Anies Baswedan

Gubernur rasa Presiden

 

#JKTBebasSampah

 

(Visited 92 times, 1 visits today)

Dee Sagita

leave a comment

Create Account



Log In Your Account