Cina Ancam Perusahaan Rusia Yang Ekploitasi Minyak Di Laut Cina Selatan

Cina Ancam Perusahaan Rusia Yang Ekploitasi Minyak Di Laut Cina Selatan

Cina Ancam Perusahaan Rusia Yang Ekploitasi Minyak Di Laut Cina Selatan

Hadirkan pembom bersenjata Nuklir di tiga pulau Kawasan laut Cina Selatan, Beijing semakin jumawa dan terus menunjukan dominasinya di Kawasan panas ini. Merasa menjadi super power di Asia, Beijing kembali menegaskan, melarang keras setiap ekplorasi minyak di Laut Cina Selatan tanpa izin Cina.

Tidak ada negara, organisasi, perusahaan atau individu yang boleh melakukan eksplorasi minyak dan gas atau eksploitasi di perairan China tanpa izin dari mereka.

Juru bicara Kementrian Lu Kang pada Kamis 17 Mei 2018 membuat komentar ketika ditanya tentang pengeboran baru-baru ini oleh Rosneft Vietnam BV, sebuah unit perusahaan minyak negara Rusia Rosneft, di sebuah wilayah Laut Cina Selatan yang diklaim oleh China.

Baca juga:  KEREN! Aksi Pesulap Ini Menghilangkan Nama Israel dari Peta Dunia

“Kami mendesak pihak-pihak terkait untuk dengan sungguh-sungguh menghormati hak kedaulatan dan yurisdiksi China dan tidak melakukan apa pun yang dapat berdampak pada hubungan bilateral atau perdamaian dan stabilitas kawasan ini,” kata Lu, seperti dikutip Jejaktapak.com.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, yang dilintasi komoditas perdagangan senilai sekitar sekitar 5 triliun dolar amerika setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim pada wilayah itu.

China juga terus meningkatkan kehadiran militer di pulau-pulau buatan yang ada di kawasan tersebut. Kabar terkahir Beijing juga telah menempatkan sistem rudal pertahanan udara mereka.

Amerika Serikat menjadi salah satu pihak yang menentang keras klaim China. Angkatan Laut negara tersebut secara rutin melakukan patroli di kawasan tersebut yang kerap membuat hubungan kedua negara tegang dan terlibat dalam retorika keras.

Baca juga:  Surat Terbuka dari Bang Onim untuk KH. Yahya Cholil Staquf; Lihat Kepahitan dan Penderitaan di Gaza!

(B360)

 

(Visited 116 times, 1 visits today)

Dandi Jerami

leave a comment

Create Account



Log In Your Account