Mengenang Sejarah Honda Tiger dari Masa ke Masa


Honda pernah merasakan nikmatnya penjualan motor melalui tipe Tiger. Motor yang pertama kali meluncur 22 tahun lalu itu digemari konsumen, karena selain modelnya yang gagah, performa mesinnya juga ‘galak’.
Motor yang kerap dimodifikasi agar terlihat layaknya motor gede (moge) ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 200cc. Mesin ini memiliki kompresi 9,0:1 dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 16 daya kuda.
Untuk mengingat kembali kejayaan dari Honda Tiger, berikut daftar variannya, seperti dilansir dari Welovehonda, Selasa 29 September 2015:
Honda Tiger 2000
Generasi ini terbagi menjadi dua periode. Yang pertama disebut ”Super Cruiser”, dengan kode produksi GL-200, tahun produksi 1993-2002. Selama 1993 hingga 2012, model tidak berubah, cuma ada penyegaran pada warna. Muncul juga edisi terbatas warna kuning, yang dirilis pada 1996.
Ciri khas Tiger tahun ini adalah lampu belakang dan lampu rem belakang yang memakai satu bohlam. Lampu depan menggunakan reflektor multi lensa, pegangan belakang terpisah kiri dan kanan, indikator speedometer dan tachometer warna hijau dengan dasar putih.
Lalu, Logo ”Tiger 2000” di tangki masih berjenis stiker (1993-1996), selanjutnya diganti menjadi emblem logam (1997-2002).
Rumah lampu depan dan lampu sein warna hitam (1993-1996), lalu berlapis krom perak (1997-2002), velg hanya ada varian jari-jari (1993-1998). Kemudian, muncul pilihan baru velg racing (cast wheel) buatan Enkei palang enam (1998-2002), pegangan samping hitam di bagian belakang kanan dan kiri.
Generasi berikutnya disebut ”New Super Cruiser”. Sedikit perubahan pada desain dan warna dari generasi sebelumnya. Kode produksi GL-200S untuk tahun 2002 hingga Oktober 2006.
Mulai ada warna ”dual tone color” silver-hitam. Ada perubahan bodi mendasar, lampu belakang memakai dua bohlam sejajar horisontal. Sedangkan lampu depan pakai reflektor.
Honda Tiger Revolution Cruiser
Pada model ini, perubahan total dilakukan terhadap desain tangki, bodi, lampu rem, shockbreaker, dan sistem knalpot. Kode produksinya GL-200D (velg jari-jari), GL-200R (velg racing). Tiger tipe ini muncul pada Oktober 2006 hingga November 2008.
Perubahan desain, tangki dengan shroud besar, bodi belakang meruncing, lampu depan pake reflektor diamond-cut, dengan tambahan mini visor di atasnya. Handlebar belakang terpisah kiri dan kanan.
Logo baru berjenis stiker di tangki bertuliskan ”Tiger”. Peredam kejut belakang ditambah tabung oli. Blok crankcase mesin dicat hitam doff, desain knalpot ada pelindung panas.
Motor ini juga sudah menerapkan teknologi SASS (Secondary Air Supply Sistem) untuk mengurangi tingkat emisi gas buang.
Honda Tiger New Revolution Cruiser
Generasi ini terbagi menjadi tiga periode: 2009, 2010 dan 2012.
Pada model 2009, perubahan utama ada pada lampu depan, panel meter, shroud, lampu belakang, dan pelindung panas knalpot. Mengusung kode produksi GL-200R1 dengan tahun produksi November 2008-2010, model ini memiliki desain lampu belakang dengan dua jenis, LED (lampu rem) dan bohlam pijar (lampu senja).
Lampu depan dibuat dengan bentuk yang berbeda, lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi. Para pecinta Honda Tiger mengenalnya dengan lampu kijing. Sementara untuk model 2010, generasi ini punya dua varian yang diproduksi bersamaan, yaitu versi asymmetric headlamp dan single headlamp. Varian warna menggunakan tema nama-nama pegunungan di Indonesia dan dunia, misalnya di tipe single headlamp ada Black Bromo, Red Krakatau dan Grey Leuser. Untuk tipe dual headlamp, ada Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus, dan White Cartenz.
Honda Tiger yang hadir di 2012 hanya memiliki varian single lamp saja. Tidak ada perubahan yang berarti dari sisi fitur di motor ini. Rem cakram hidrolik depan dan belakang digunakan untuk memberikan efek pengereman optimal.
Lampu rem LED enam titik di bagian belakang menghasilkan sinyal pencahayaan lebih jelas bagi kendaraan di belakangnya, sekaligus memberikan kesan mewah dan futuristik.

Baca juga:  Gerakan 2019GantiPresiden Bersambut dengan Tagar #2019PresidenBaru oleh Netizen

Author
Krisna Wicaksono
(vivanews)

Htci Pengda Dki Jakarta

(Visited 428 times, 1 visits today)

Rois Day

Cuma Seonggok Ondolopot yang ingin menjadi lebih baik...

leave a comment

Create Account



Log In Your Account